Minggu, 16 Desember 2012

 
 


MAKASSAR - Mobil di dekat pintu timur Celebes Convention Center (CCC), Makassar, Sulawesi Selatan itu tampak lain. Warnanya kuning. Modelnya kotak, tapi lekukannya tidak lurus. Itu Toyota FJ Cruiser. Ini mobil yang mengadopsi pendahulunya, Hardtop. Bedanya, FJ Cruiser lebih berani bermain dengan warna dan bentuk.

FJ Cruiser pun menjadi salah satu mobil favorit di ajang Pameran Otomotif Makassar (POMA) 2012. Orang-orang menjadikannya objek foto.  Tetapi harga tertinggi dipegang mobil sport dengan banderol Rp2,2 miliar!

FJ Cruiser dibanderol Rp1,2 miliar. Namun, untuk mendapatkannya tidak mudah. Harus pesan lebih dulu dan barang juga baru akan datang beberapa bulan kemudian. "Unitnya belum ada. Yang kita pajang itu dipinjam dari Jakarta. Kalau ada yang mau beli, inden dulu. Sekarang saja masih didesain," beber Marketing Manager Kalla Toyota, Nursalam Dalle, Kamis, 29 November.

Chrysler juga menghadirkan produknya di perhelatan ini. Ada dua Jeep Wrangler dipajang, tepat di bagian tengah convention. Yang satu hijau, satunya lagi hitam.

Mobil berwarna hitam itu Wrangler Rubicon 4 Door. Harganya Rp1 miliar lebih. Hijaunya adalah Wrangler Sport Door Platinum. Sekira Rp400 juta lebih murah. "Untuk Wrangler, memang bervariasi harganya," sebut Sales Executive Chrysler Makassar, Wawa.

Di booth yang sama ada Dodge Journey 2.4. Mobil ini jenis SUV. Untuk mendapatkannya harus mengeluarkan duit Rp610 juta. Cherokee melengkapi kehadiran brand mobil mahal. Ada Grand Cherokee 3.6 limited yang dijadikan sampel. Harganya" Tembus Rp1,2 miliar.

Chrysler sudah miliki diler di Makassar. Bekerja sama PT Kars Inti Amanah, anak usaha Kalla Group. Direktur Kars, Fajriaty MC Bhuana bilang, bisa laku enam hingga tujuh unit per bulan.

Selain dari para pemegang merek, POMA 2012 juga diramaikan mobil-mobil impor yang dimiliki orang per orang. Di sudut kanan pintu keluar, ada empat mobil yang dipagari rantai besi.

Ada Porsche Cayman yang disebut mobil pesawat karena mampu ngebut setengah kemampuan kapal terbang. Mobil ini pernah menghiasi cover FAJAR beberapa waktu lalu. Mobil turbo milik salah satu pengusaha cuci mobil di Makassar ini dibanderol Rp1,175 miliar.

Nissan GT-R ada di dekatnya. Mobil sport ini disebut-sebut baru ada tiga unit di Indonesia. Satunya di Makassar. Harganya capai Rp2,2 miliar dan dijadwalkan mulai dijual langsung di Indonesia pada Januari 2013.

Ada pula Toyota 86 yang berharga di atas Rp 600 juta. Di situ bahkan ada satu mobil yang ber-branding salah satu pasangan calon gubernur Sulsel. Nomor pelatnya B 238 EHS. Harga mobil ini juga di atas Rp1 miliar. "Ajang ini memang barometer otomotif di KTI. Mobil-mobil premium ada di sini," sebut Branch Manager PT Dyandra Promosindo Makassar, Mawardha DJ.  (jpnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar